//
you're reading...
Referensi

Awas Merapi, Warga Sidorejo Tetap Meronda

Sejak status Gunungapi Merapi dinaikkan dari Siaga menjadi Awas Merapi pada hari Sabtu (13/05) pk 08.30 WIB, sejumlah warga di Desa Sidorejo, Kemalang, Klaten masih tetap bertahan di desanya. Mereka tetap bertahan di situ untuk menjaga keamanan harta benda yang ditinggal mengungsi warga selama keadaan masih memungkinkan dan dirasa cukup aman. Hingga saat ini, Minggu (14/05) dini hari, tercatat ada 38 titik pos ronda yang didirikan secara swakarsa oleh warga Desa Sidorejo di lereng teratas yang masuk wilayah Kabupaten Klaten tersebut.

Puluhan warga yang berjaga 24 jam sehari itu mengeluhkan tidak adanya bantuan armada untuk kepentingan evakuasi darurat seperti yang telah dijanjikan oleh Pemkab Klaten selama ini. Untuk mengatasinya, warga sudah menyiapkan kendaraan evakuasi secara swadaya yang sebagian besar berupa sepeda motor. Jumlah peronda pun disesuaikan dengan jumlah sepeda motor yang ada.

Selain itu, persediaan logistik yang semakin menipis juga mulai menghantui warga yang rela bertahan untuk mengamankan desanya tersebut. Bahkan, hampir semua dari mereka belum makan layak sejak evakuasi berlangsung pada Jumat (12/05) malam. Mereka mengatasinya dengan memakan ubi bakar yang mereka ambil dari kebun warga. Selama hampir satu bulan ini, warga yang melakukan ronda secara swakarsa ini belum pernah mendapatkan bantuan, terutama bantuan logistik, kecuali dari sumbangan para warga desa sendiri.

Foto1: Gunungapi Merapi bertopikan kabut dilihat dari Dusun Deles, Sidorejo, Kemalang, Klaten. Tampak nyala luncuran lava pijar di balik kabutdi puncak Merapi. Foto diambil Sabtu (13/05) pk 22.54 WIB – (Isnu Suntoro)

Foto 2: Pos ronda swakarsa di Dusun Deles, Sidorejo, Kemalang, Klaten pada Sabtu (13/05) malam – (Isnu Suntoro)

Discussion

No comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *