//
you're reading...
Penanggulangan Bencana

Kartu Identitas Pengungsi Dibuat di Klaten

Setiap hari posko pengungsian di Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah selalu memasak dalam porsi yang cukup banyak. Herannya, seberapa pun banyaknya masakan dibuat pasti selalu habis. Hal inilah yang menyebabkan beberapa orang berpikir bahwa kemungkinan besar telah terjadi penyelewengan, seperti ada orang-orang luar yang bukan pengungsi ikut makan atau ada pengungsi yang mengambil jatah makan lebih dari yang ditentukan.

Melihat kenyataan itu, Sukiman, warga Dusun Deles, Desa Sidorejo, Kemalang beserta beberapa warga dusun lainnya berinisiatif untuk membuat kartu identitas evakuasi bagi masyarakat yang ada di pengungsian. Selain digunakan sebagai tanda pengambilan jatah makanan, kartu ini juga bisa digunakan sebagai dasar pendataan kekayaan, pendataan kerugian, dan sebagainya.

Kebutuhan makan diharapkan dapat dihitung dari jumlah kartu yang dikeluarkan. Artinya, kalau jumlahnya menggelembung terlalu banyak dari jumlah itu berarti ada orang yang bukan pengungsi atau pihak luar yang turut memanfaatkan jatah tersebut. Selain itu, kartu itu bisa digunakan untuk mendata ketika warga yang dievakuasi kehilangan surat-surat berharga, seperti sertifikat tanah, karena orang sangat bebas keluar masuk ke pos pengungsian semaunya. Dengan adanya kartu identitas pengungsi, tidak semua orang bisa masuk, kecuali mereka memiliki kartu tersebut. Kartu identitas ini sudah dibuat oleh Forum Peduli Merapi Klaten dan tinggal dibagikan kepada masyarakat pengungsi.

Sumber: Sukiman – warga Dusun Deles, Sidorejo, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah; pengelola Radio Komunitas Lintas Merapi (komunikasi radio di frekuensi 146.020 Mhz)

Discussion

No comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *