//
you're reading...
Laporan Aktivitas Merapi

Kenaikan Status Aktivitas Gunung Merapi per 30 April 2014

Hasil evaluasi data pemantauan aktivitas Gunung Merapi tanggal 29 April 2014 adalah sebagai berikut:

Kegempaan : Tanggal 20 -29 April 2014 terjadi gempa guguran 37 kali, MP 13 kali, Hembusan 4 kali, Tektonik 24 kali, LF 29 kali, Peningkatan signifikan terjadi pada gempa LF sebagai indikasi meningkatnya fluida gas vulkanik yang berpotensi menimbulkan letusan.

Deformasi:Deformasi di Merapi yang dipantau secara instrumental dengan EDM, TIltmeter maupun GPS, tidak menunjukkan peningkatan signifikan.

Visual: Dari Pos Pemantauan Merapi dilaporkan terdengar suara dentuman hingga radius 8 Km.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil evaluasi data pemantauan Merapi secara instrumental dan visual, disimpulkan aktivitas Merapi mengalami penigkatan. Dengan meningkatnya aktivitas tersebut maka terhitung mulai 29 April 2014 pukul 23:50 WIB status G. Merapi dinaikkan dari tingkat NORMAL menjadi WASPADA.

Rekomendasi:
Dengan meningkatnya Status aktivitas Merapi dari NORMAL menjadi WASPADA kepada para pemangku kepentingan dalam Penanggulangan Bencana G. Merapi direkomendasikan sbb:

  1. Kegiatan pendakian Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.
  2. Jika terjadi peningkatan aktivitas Merapi yang signifikan maka status Merapi akan segera ditinjau kembali.
  3. Masyarakat agar tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi G. Merapi yang tidak jelas sumbernya dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Merapi terdekat melalui radio komunikasi pada frekuensi 165075 Mhz, Kantor BPPTKG Jl. Cendana 15 Yogyakarta (0274) 514180/514192, Twitter @BPPTKG atau Facebook info bpptkg.
  4. Pemerintah daerah direkomendasikan untuk mensosialisasikan kondisi Merapi saat ini kepada masyarakat.

Sumber: http://www.merapi.bgl.esdm.go.id/bpptk.php?page=bpptk&subpage=kegiatan&id=33

Discussion

No comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *