//
you're reading...
Agenda, Penanggulangan Bencana

2014/06/25 – JALIN Merapi dalam Workshop GSMA South East Asia Regional Event

JALIN Merapi kembali diundang untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang penanggulangan bencana berbasis komunitas dengan mengoptimalkan dukungan teknologi informasi dan komunikasi. Undangan kali ini datang dari GSMA (http://gsma.com), sebuah organisasi internasional berbasis di Inggris yang bergiat dalam ranah pengembangan jaringan teknologi informasi berbasis selular.

Gelaran bertajuk GSMA’s South East Asia Regional event ini bertajuk “A Spotlight on Indonesia”. Salah satu workshop dalam agenda yang berlangsung pada 24 – 25 Juni 2014 di Shangri-La Hotel Jakarta ini adalah tentang penanggulangan bencana (disaster response).

Tim JALIN Merapi diminta untuk bisa berbagi tentang pengalaman mengelola koordinasi dan kemitraan dalam kerja-kerja kemanusiaan. Sesi ini akan fokus pada pentingnya peran organisasi non-pemerintah dan jaringan kemanusiaan dalam ranah berbagi informasi antar komunitas dalam kejadian bencana.

Keberadaan program Disaster Response dalam forum GSMA sendiri bertujuan untuk menyediakan kesempatan berbagi pengalaman dan mengembangkan kemitraan untuk proses penanggulangan bencana yang lebih efektif di masa mendatang. Peserta workshop ini akan meliputi pelaku dalam industri teknologi seluler, pegiat sektor kemanusiaan, dan lembaga pemerintah yang bergerak dalam penanggulangan bencana.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Kementerian Riset dan Teknologi (BPPT Kemenristek), dan beberapa lembaga/organisasi lain akan berbicara pada sesi utama di hari kedua konferensi (25 Juni 2014). Sesi ini akan memaparkan situasi umum tentang risiko dan kerawanan di Indonesia. Pelaku industri tenologi seluler akan berbicara pada sesi berikutnya dengan topik tentang pembelajaran dan pendekatan mereka dalam menghadapi situasi bencana di Indonesia. Tim JALIN Merapi akan berbicara dalam sesi diskusi refleksi pada tanggal 25 Juni 2014 siang, yang akan diisi bersama pembicara dari tim Ericsson Response. UN OCHA akan mengisi sesi penutup yang akan fokus dalam ranah pengelolaan koordinasi untuk penanggulangan bencana ke depan.

(Elanto Wijoyono)

Discussion

No comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *