//
TENTANG JALIN Merapi

JM

Jaringan Informasi Lingkar Merapi (JALIN MERAPI) berupaya menyajikan data dan informasi perkembangan Gunungapi Merapi dan dinamika masyarakatnya. Informasi JALIN MERAPI berasal langsung dari lapangan dan digali langsung dari dan oleh masyarakat setempat bersama jaringan relawan. Jaringan ini telah terbangun sejak tahun 2006, yang digagas bersama oleh tiga radio komunitas di Kemalang, Klaten (Lintas Merapi FM), Selo, Boyolali (MMC FM), dan Dukun, Magelang (K FM), bersama beberapa lembaga swadaya masyarakat yang menaruh perhatian pada isu informasi dan komunikasi di lingkar Merapi. Pada masa tanggap darurat Merapi di tahun 2010, JALIN MERAPI memperkuat dirinya dengan terlibatnya lebih banyak pihak yang bekerja bersama dalam jaringan dan dukungan pemanfaatan teknologi informasi yang lebih tepat guna. Pada tahun 2011 JALIN MERAPI telah memiliki tambahan dua simpul radio komunitas, yakni di Salam, Magelang (Lahara FM) dan di Cangkringan, Sleman (Gema Merapi FM). Pada tahun berikutnya, radio komunitas di Merapi bertambah dengan hadirnya Gema Swara FM di Srumbung, Magelang, serta Gemi Nastiti FM dan Merapi FM di Musuk, Boyolali.

JALIN MERAPI menggunakan beragam media untuk menyampaikan data dan informasi penting dan terkini untuk mendukung proses pengambilan keputusan atau tindakan secara cepat dan tepat. JALIN MERAPI dapat diakses melalui website, situs jejaring sosial Twitter dan Facebook, SMS Gateway, radio komunikasi, telepon, dan beragam kegiatan tatap muka di lapangan.

JALIN MERAPI pada periode pendiriannya sejak tahun 2006 didukung oleh beberapa organisasi, meliputi COMBINE Resource Institution, KOMPIP, Forum Rakyat Boyolali (Forabi), Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Yogyakarta,  Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta, dan Jaringan Radio Komunitas Jawa Tengah.

JALIN MERAPI pada periode 2010 – 2011 didukung oleh COMBINE Resource Institution, Jaringan Radio Komunitas Jawa Tengah, IDEA, Gender Working Group, Koperasi Wanita SETARA Klaten, Rumah Pelangi, Yayasan AirPutih, Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta, dan beragam lembaga serta kelompok relawan yang tersebar di lingkar Merapi.

JALIN Merapi kini telah beranggotakan 8 radio siaran komunitas dengan dukungan kerja bersama dari berbagai pihak. Jejaring masyarakat pegiat media komunitas ini terus didukung penguatan kapasitas pengetahuannya oleh COMBINE Resource Institution (CRI), Merapi Recovery Response UNDP, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), dan berbagai lembaga dan kelompok relawan yang bergiat di Merapi. Sejak tahun 2012, salah satu dukungan penguatan kapasitas pengetahuan dan manajemen radio komunitas didukung oleh tim Radio Komunitas FMYY dari Kobe, Jepang.

Inisiatif JALIN Merapi mendapatkan perhatian positif dari komunitas di dalam dan luar negeri. Pegiat JALIN Merapi aktif dalam beragam kegiatan bersama di forum lokal-nasional, seperti dalam PASAG Merapi, Forum Pengurangan Risiko Bencana Provinsi D.I. Yogyakarta, dan sebagainya. Pada forum internasional, pegiat JALIN Merapi juga aktif terlibat dalam beragam pertemuan berbagi pengalaman dan ilmu. Pada tahun 2008, JALIN Merapi memberikan presentasi dalam Lokakarya Internasional AMARC Asia Pasifik tentang Radio Komunitas dan Pengurangan Risiko Bencana di Yogyakarta. Tahun 2009, Radio Komunitas Lintas Merapi FM (sebagai bagian dari JALIN Merapi) menjadi salah satu lokasi lokakarya pembuatan Disaster Management Audio Material (DMAM) bersama tim CRI dan FMYY Jepang. Perwakilan radio komunitas anggota JALIN Merapi mengikuti pertemuan regional AMARC Asia Pasifik di Bangalore, India (2010) dan di Bangkok, Thailand (2011). Pada Juli 2013, Koordinator JALIN Merapi Sukiman memberikan presentasi di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) The 2013 ECOSOC Humanitarian Affairs Segment di Geneva, Swiss. Awal 2014 di bulan Januari, tim JALIN Merapi memberikan presentasi dalam sebuah seminar di JICA Kansai, Jepang.

JALIN Merapi bersifat terbuka bagi inisiatif dan kolaborasi bersama para pihak untuk terus belajar dan bekerja bersama untuk keselamatan dan kelestarian hidup masyarakat Merapi.

JALIN Merapi _ header

Pengurus JALIN Merapi:

Koordinator: Sukiman Mochtar Pratomo (Radio Komunitas Lintas Merapi FM – Klaten)
Sekretaris: Muhammad Sodiq Asnawi (Radio Komunitas K FM- Magelang)
Bendahara: Mart Widarto

Administrator Media Online:
Adriani Zulivan
Akhmad Nasir
Elanto Wijoyono

IT Support:
Tim Teknologi Informasi COMBINE Resource Institution

Situs ini dikelola oleh JALIN MERAPI dan COMBINE Resource Institution. Hak cipta dalam dokumen situs ini ada pada masing-masing kontributor. Diizinkan untuk melakukan penyalinan sebagian atau keseluruhan dokumen serta mendistribusikan seluruh berkas pada segala macam media, dengan ketentuan menyertakan catatan hak cipta dalam dokumen.

JALIN Merapi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Based on a work at http://jalinmerapi.net. Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jalinmerapi.net.

Discussion

No comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *